Alun-alun Slawi Serentak Ditanami 170 Pohon Ketapang Kencana

Sebanyak 140 pohon Ketapang Kencana ditanam di Hanggawana Slawi Square, Kabupaten Tegal pada hari Jumat, 14 Desember 2018. 140 pohon ditanam secara bersamaan oleh bupati, semua kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di Kabupaten Tegal.

Dari 140 pohon Ketapang Kencana, terdiri dari 90 pohon Ketapang Kencana pink, 10 warna putih, 40 kuning, dan 20 pohon Ketapang kencana.

Alun-alun Slawi Serentak Ditanami 170 Pohon Ketapang Kencana

Bupati Tegal Umi Azizah mengatakan kegiatan itu Ngrogoh Kantong. Ini berarti bahwa pembelian Pohon Ketapang Kencana itu sendiri dilakukan dengan mengumpulkan uang dari bupati dan kepala sumber daya pribadi OPD.

Dana ini berasal dari kontribusi saya kepada Sekretaris Daerah dan Kepala Dewan Perwakilan Daerah untuk melakukan reboisasi. Pertemuan ini dapat membawa manfaat bagi semua orang, kata Umi.

Umi mengklaim ide penanaman pada saat yang sama karena terinspirasi oleh kota Surabaya. Beberapa waktu lalu, kota Surabaya memenangkan gelar kota bersih dunia. Yang terbaru, Kota Surabaya memenangkan penghargaan di 2018 Guangzhou International Award sebagai kota paling populer.

Ketika saya mengunjungi Surabaya, saya perhatikan itu sangat indah. Tidak ada duan, katanya.

Saya berharap dengan langkah ini Umi dapat memperindah Kabupaten Tegal dengan bunga tabebuya yang berwarna-warni.

Sementara itu, Umi mengutamakan tanaman di Kota Slawi, karena Slawi adalah ibu kota Kabupaten Tegal. Nanti akan dilanjutkan ke semua wilayah Kabupaten Tegal sehingga Kabupaten Tegal bisa cantik tahun berikutnya, cantik sesuai dengan logo Mbetahi lan Ngangeni, katanya.

Rencana ke depan Umi akan membuat edaran untuk semua ASN di lingkungan Kabupaten Tegal untuk berpartisipasi atau menanam tabebuya. Total ASN di Kabupaten Tegal adalah sekitar 9.700 orang, jika masing-masing ASN berpartisipasi dalam kontribusi untuk membeli Pohon Ketapang Kencana, itu pasti dapat berkontribusi dan membantu membuat Kabupaten Tegal indah, jelasnya.

Adapun perawatan kesehatan, alumni Undip menyarankan kepala kantor Perkimtaru, Jaenal Dasmin, untuk mengamati secara berkala, seperti penyiraman dan pengomposan. Pedoman ini dimaksudkan untuk memungkinkan pohon Ketapang Kencana yang ditanam mekar.

Membahas Pohon ketapang mungkin akan seru dan menarik,pasalnya pohon ini cukup terkenal di Indonesia,yang mana sangat mudah anda temukan di pinggir jalan dan di protokol jalan di kawasan Kota Besar seperti Jakarta,Surabaya,Dan Semarang.  Harga Bibit Ketapang Kencana

Namun,tahukah anda bahwa ketapang kencana ini mempunyai banyak manfaat dari mulai biji maupun akar dari ketapang itu sendiri. Berikut akan kami ulas secara singkat dan detail mengenai Pohon Ketapang Kencana

Membahas Pohon ketapang mungkin akan seru dan menarik,pasalnya pohon ini cukup terkenal di Indonesia,yang mana sangat mudah anda temukan di pinggir jalan dan di protokol jalan di kawasan Kota Besar seperti Jakarta,Surabaya,Dan Semarang. 

Namun,tahukah anda bahwa ketapang kencana ini mempunyai banyak manfaat dari mulai biji maupun akar dari ketapang itu sendiri. Berikut akan kami ulas secara singkat dan detail mengenai Pohon Ketapang Kencana

Karakteristik utama pohon ketapang

Pohon ketapang adalah tanaman khas di wilayah Asia Tenggara. Ketapang dapat ditemukan hampir di mana-mana di Asia Tenggara, kecuali di pulau Sumatra dan Kalimantan.

Pohon ini dibawa dari Asia Tenggara dan tersebar di berbagai belahan dunia. Kemudian ditentukan bahwa iklim di Australia Utara, India, Polinesia, Madagaskar, Pakistan, Afrika Barat, Afrika Timur, Amerika Selatan, dan Amerika Tengah cocok untuk menanam Ketapang.

Pada dasarnya, pohon ketapang dapat tumbuh di daerah pesisir (dataran rendah) dengan curah hujan sekitar 1.000 hingga 3.500 mm per tahun.

Pohon ketapang adalah pohon besar yang rindang. Tingginya bisa mencapai 3 meter dengan lebar tongkat 1,5 meter. Ketapang memiliki satu sifat, yaitu bahwa ranting-rantingnya tumbuh menyamping (horizontal) dan berlapis-lapis. Akibatnya, pohon ketapang sering terlihat seperti bangunan pagoda.

Ketapang Kencana mempunyai bentuk daun dengan luas yang lebar dan cenderung meruncing di bagian ujungnya, Ketapang tampak semakin subur dan rindang. Ditambah bunga-bunga kecil yang indah dalam warna kuning dan hijau, pohon-pohon ketapang terlihat menarik, sehingga pemerintah berbagai kota di Indonesia menggunakannya sebagai pohon bayangan untuk jalanan.

Pohon ketapang menghasilkan buah-buahan yang berbentuk seperti telur pipih dan bersayap sempit. Warnanya merah, kuning, kehijauan jika tidak matang, dan berubah menjadi merah-ungu saat dimasak. Buah ketapang memiliki lapisan gabus. Inilah mengapa buah ketapang bisa berenang di laut atau di sungai selama berbulan-bulan. Buah ketapang juga disebarkan oleh kelelawar.

Manfaat ketapang secara umum

Hampir semua bagian pohon Ketapang dapat digunakan. Daun sering digunakan sebagai dasar untuk produksi tinta, menghitam dan penyamakan kulit. Daun ketapang mengandung 12 jenis tanin yang bisa dihidrolisis.

Jaringan kulit kayu (pepagan) dapat digunakan sebagai zat pewarna. Warna yang dihasilkan dari ekstrak pohon Ketapang kencana ini dominan dengan warna kuning kecoklatan dan hampir mirip dengan minyak zaitun. Kulit kayu atau bagian pepagan ini banyak mengandung tanin sebesar 11% hingga 23%.

Kayu pohon ketapang berwarna merah muda sampai kecoklatan. Kepadatan kayu tertentu, yang disebut terminalia merah-coklat, antara 0,465 dan 0,675. Kayu pohon ketapang tidak tahan lama, tetapi sangat tahan dan keras, sehingga kayu ketapang sering digunakan untuk menutupi lantai (veneer) dan untuk membuat perahu.

Biji buah ketapang bisa dimakan. Beberapa orang bahkan berpikir bahwa biji ketapang lebih baik daripada biji kenari. Karena itu, banyak pembuat kue menggunakan biji ketapang sebagai pengganti kenari dan almond. Ketika inti biji ketapang dikeringkan di bawah sinar matahari, terbentuk minyak kekuningan.

Minyak ini kaya akan berbagai asam lemak seperti asam oleat (hingga 23,3%), asam palmitat (55,5%), asam linoleat, asam miristat dan asam stearat. Selain asam lemak, biji ketapang kering juga mengandung gula 16%, protein 25% dan berbagai jenis asam amino.

Biji ketapang dapat menurunkan kadar kolesterol

Berdasarkan penelitian oleh peneliti dari University of Toronto, Kanada, buah biji ketapang dapat membantu menurunkan kolesterol darah. Fakta ini ditentukan sebagai hasil investigasi dengan tiga kelompok peserta.

Dalam studi semen Ketapang ini, kelompok pertama menurunkan kolesterol melalui diet tingkat rendah yang hanya mengonsumsi makanan dengan krim susu dan sereal. Kelompok kedua diberi makan sama seperti kelompok pertama.

Hanya saja pada kelompok kedua, diet ditambah dengan konsumsi pil penurun kolesterol hingga 20 ml per hari. Kelompok ketiga secara ketat mengonsumsi makanan berserat, kedelai dan biji ketapang.

Kemudian hasilnya menunjukkan bahwa kelompok ketiga (yang mengonsumsi biji ketapang) berhasil menurunkan kadar kolesterol mereka lebih dari 30%. Alasannya biji ketapang mengandung vitamin E dalam jumlah banyak. 

Vitamin E berfungsi sebagai pemicu pengurangan jumlah protein C-reaktif. Kadar protein C-reaktif yang tinggi mengindikasikan peradangan pembuluh darah di dalam tubuh, yang dapat meningkatkan risiko serangan jantung.

Daun ketapang sebagai pakan sederhana untuk ikan cupang

Daun ketapang diiklankan sebagai resep khas Asia untuk mengatasi masalah air, itulah pendapat para pecinta ikan. Sebagian besar sungai dan danau di Asia berwarna coklat gelap. Secara mengejutkan warna air ini dapat memengaruhi kualitas hidup ikan hias yang ada di dalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *