Baobab, Buah Super dengan Sejuta Manfaat

Taman Kota Ria Rio atau lebih dikenal sebagai Waduk Ria Rio di Jakarta Timur jauh lebih baik dengan gaya taman tropis, meskipun terletak di antara kompleks industri. Tempat ini dulunya merupakan daerah perumahan, tetapi sekarang semuanya datar. Baobab atau Latin adansonia digitata adalah salah satu daya tarik utama.

Baobab, Buah Super dengan Sejuta Manfaat

Pohon Baobab, ini sangat terkenal karena mempunyai ukuran  raksasa yang mana banyak ditanam di area Taman Kota Ria Rio.

Pohon baobab terletak di Taman Ria Rio karena Jokowi masih menjadi gubernur DKI. Dua pohon telah ditanam di daerah ini. Ada beberapa hal unik tentang baobab yang tidak banyak diketahui orang, termasuk:

Baobab disebut pohon dari surga

Pohon raksasa ini dapat tumbuh di daerah dataran rendah seperti Afrika dan Australia. Tidak heran mengapa baobab disebut pohon raksasa karena tingginya bisa mencapai 30 meter dengan diameter batang 7 hingga 11 meter.

Mitos, dikatakan bahwa bentuk pohon, yang sebaliknya, pertama kali dilemparkan dari surga ke bumi oleh Dewi Thora, jadi pohon ini juga tidak memiliki banyak cabang.

Memiliki umur yang sangat panjang

Pohon ini dikatakan bertahan dan memiliki umur yang relatif panjang. Inilah sebabnya mengapa pohon ini juga disebut “pohon kehidupan”.

Pohon ini tidak hanya tahan lama, tetapi juga memiliki banyak keunggulan.

Batangnya bisa menyerap dan menyimpan air, sedangkan buah-buahan dan dhow berguna sebagai bumbu masak dan obat-obatan.

Sempat dikabarkan akan dibanderol hingga ratusan juta

Kondisi pohon, yang dikatakan telah mencapai 750 juta rupee, masih tegak dengan beberapa batang bambu di bawahnya.

Mengenai harga, Basuki Purnama, sebagai gubernur DKI, pernah memperebutkan harga. Dia membenarkan bahwa pohon itu cukup mahal, tetapi tidak sampai 750 juta rupee.

Buah ini adalah topik hangat di kalangan peneliti dan konsumen di benua kangguru di Australia.

Karena buah yang disebut baobab mengandung vitamin C tiga kali lebih banyak daripada jeruk. Selain itu, buah ini memiliki kandungan kalsium dua kali lipat dari segelas susu dan rasanya lebih enak dari buah pir.

Dengan semua kandungan vitamin dan mineralnya, baobab, yang dianggap sebagai buah super, membuat penampilan buah acai dan buah delima tidak terlihat.

Orang yang hidup di benua Afrika mengakui pohon baobab sebagai “pohon kehidupan” dan buahnya telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati semua jenis penyakit, dari masalah perut hingga pai malaria.

Selain itu, orang Aborigin yang berasal dari benua Australia menggunakan buah ini, yang penuh dengan keuntungan untuk tujuan yang sama.

Buah babobab telah dilaporkan oleh para peneliti dan mengandung vitamin C tiga kali lebih banyak daripada jeruk, sehingga bermanfaat untuk melawan flu.

Kandungan kalsium dari buah ini dua kali lebih tinggi dari susu, sehingga sangat cocok untuk melindungi tulang rapuh dan osteoporosis.

Bukan hanya manfaat buah spesial ini. Baobab dikatakan memiliki serat lebih larut daripada psyllium, yang sering digunakan untuk meringankan sembelit.

Hebatnya, buah ini juga diisi dengan sejumlah antioksidan dan kalium yang bersaing dengan kadar pisang, magnesium, zat besi dan fosfor.

Hal terbaik tentang semua manfaat buah ini adalah rasanya yang manis mirip dengan jus pir, yang lezat untuk dikonsumsi langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *